Sejarah Kue Pie Dari Beberapa Negara




Assalamualaikum teman-teman
Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu kue yang mempunyai rasa gurih dan manis serta bertekstur lembut dan krunchi. Siapa diantara kalian yang belum mengetahui kue yang satu ini, yup kue pie. Kue pie biasanya menjadi oleh-oleh dari Bali ya. Tetapi banyak yang belum mengetahui bahwa kue pie itu bukan berasal dari Indonesia loh. Selain kita bahas sejarah kue pie nanti saya akah berbagi resep juga tentang cara membuat kue pie susu yang mudah dan anti gagal. Oh iya, kalau teman-teman bingung untuk membeli cetakan kue pienya, disini saya rekomendasikan marketplace yang menjual berbagai cetakan kue, loyang dan peralatan rumah tangga lainnya, https://perlengkapanrumahtanggaaajb.com jadi bunda-bunda di rumah tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk membeli berbagai peralatan dapur dan rumah tangga ya, cukup denga klik ini saja https://perlengkapanrumahtanggaaajb.com sudah bisa belanja dari rumah. Di https://perlengkapanrumahtanggaaajb.com juga harganya bersahabat dan kualitasnya tidak diragukan loh. Oke langsung ke pembahasan kita yang pertama tentang kue pie yaitu sejarah kue pie.
Sejarah Kue Pie
Pastei atau Pai (bahasa Inggrispie) adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pastei dapat berupa buahdagingikansayurkejucoklatkustarkacang, dan lain-lain. Pastei yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pasteinya.
Pastei buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la modePastei daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Hidangan khas Adelaide adalah pastei apung (pie floater).
Dalam film komedi, pastei sering digunakan untuk dilempar ke muka seseorang. Hal ini juga kadang dilakukan kepada politisi dan pesohor (celebrity), dan perilaku ini disebut pieing. Kue pastei juga menjadi terkenal lewat film serial animasi Tom and Jerry.
Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi ya, bahwa kue pie sebenarnya bukan berasal dari Bali, meskipun banyak kita jumpai sebagai oleh –oleh khas Bali akan tetapi di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Berbeda dengan pastei pada umumnya, pie susu berukuran lebih kecil serta pinggirannya cenderung tipis dan kering sehingga dapat awet dalam waktu 5 hari dalam suhu ruangan. Di bagian tengah pie biasanya ditambahkan krim kuning atau selai.
Cikal bakal oleh-oleh khas Bali ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Dulunya pie susu dibuat untuk menyaingi restoran dim sum, terutama yum cha. Pie susu generasi pertama ini, awalnya dijajakan di kafe-kafe dan toko-toko roti Barat dan Eropa. Makin lama, pie susu makin dikenal dan diminati. Pada tahun 1950an, Restoran Lu Yu Teahouse pun memimpin dengan mini pie susu nya.
Pie dari Eropa
Selama ini pie dikenal berasal dari Amerika Serikat, ternyata makanan tersebut lahir dari Inggris pada 1381. Makanan ini berupa adonan kue yang ditipiskan, kemudian dikombinasikan dengan aneka buah, seperti pir, apel, kismis dan lainnya.
Kulitnya di sebut coffin atau berarti peti mati, karean tekstur kulit pie itu sangat keras dan hampir tidak bisa dimakan. Namun lambat laun, tepatnya pada 1500 lalu, para koki pembuat pastry ini terus memperbaikinya, sehingga kulit pie dinikmati secara keseluruhan.
Pie dari Mesir
Selain itu, ada versi lain yang menyebutkan pie berasal dari Mesir. Mulanya, kulit pie digunakan sebagai pembungkus daging atau masakan Mesir lainnya. Sebab, makanan yang akan diolah harus disimpan dan dirapikan, supaya tidak rusak. Maka dari itu, orang-orang Mesir pada masanya menjadikan adonan pie ini sebagai pembungkusnya. Adonan kulit pie berasal dari tepung terigu dan telur sebagai bahan utamanya. Namun, seiring berjalannya waktu, pembungkus ini pun disulap sedemikian rupa agar bisa dimakan. Kulit pie pun berhasil diciptakan sebagai makanan dan akhirnya sampai ke Eropa. Masyarakat Eroa memberi isian daging ke dalam pie, bukan sebagai pembungkusnya lagi. Mulai dari daging sapi hingga kambing, jadi hidangan yang cukup terkenal pada masanya. Zaman pun berubah. Toping pie pun menjadi semakin berinovasi, seperti diisi buah-buahan segar dan semakin mempercantik penampilan kue satu ini. Hingga akhirya, pie pun jadi beragam. Ditambah hadirnya pie susu yang termasuk makanan paling kekinian.

Itu tadi sejarah perkembangan kue pie, di next artikel saya akan membagikan resep kue pie susu mudah dan anti gagal. Semoga bisa menambah ilmu teman-teman semua.

Comments